NEW ARTICLE



http://3.bp.blogspot.com/-mJ_AmtMox7c/UZ9d4xMBnXI/AAAAAAAABsU/zVXgTmqrMDE/s1600/banner+728x90.gif

Bagaimana Cara Komputer Bekerja

Diposkan oleh Fitri Nurhabibah


Bagaimana Cara Komputer Bekerja
Bagaimana Cara Kerja Komputer - Kali ini BlogiD akan membahas tentang komputer, penjelasan sederhana untuk memahami bagaimana sebuah komputer bekerja. Perkembangan teknologi sekarang memungkinkan sebuah mesin bisa bekerja dengan pintar. Teknologi komputer saat ini sangat canggih, lebih kecil, mobile dan fleksibel. Tapi tahukah kamu bagaimana cara komputer itu bekerja. Sebenarnya secara sederhana kerja komputer adalah melakukan proses penerimaan/input data, menyimpan data, mengolah data, dan kemudian menghasilkan output data, mirip dengan fungsi otak kita sendiri. Setiap bagian hardware dalam komputer memilki fungsi dan peranan masing-masing dalam setiap proses computing. Jadi untuk mengetahui bagaimana cara kerja komputer kamu harus tahu setiap fungsi dari bagian hardware komputer.

Memori
Memori adalah urutan byte yang dinomori (seperti "sel" atau "lubang burung dara"), masing-masing berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu, dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah (wikipedia). Ukuran memori memiliki beberapa tingkatan,
  • 8 bits = 1 byte
  • 1000 bytes = 1 kilobyte
  • 1000 kilobytes = 1 megabyte
  • 1000 megabytes = 1 gigabyte
  • 1000 gigabytes = 1 terabyte
Memori terbagi jadi beberapa jenis yaitu:
RAM (Random Access Memory)
Memori jenis ini hanya bekerja ketika komputer hidup dan karena itu RAM juga disebut sebagai memori non-permanen. Salinan driver hardware/perangkat, scanner, printer, dll semua disimpan di RAM oleh prosesor utama selama start up, serta data perangkat lunak aplikasi dan file data yang sedang aktif. Ketika komputer dimatikan atau restart, semua data yang tersimpan dalam RAM hilang.
ROM (Read Only Memory)
ROM adalah memory permanen, jangka panjang, dan nonvolatile. Data dalam ROM tidak hilang saat komputer dimatikan. Data dalam ROM juga tidak dapat dihapus atau diubah dengan cara apapun. Namun ada jenis ROM yang disebut PROM yang dapat diubah. P singkatan programmable yang artinya dapat diprogram ulang. Tujuan ROM adalah untuk menyimpan sistem dasar atau basic input output system (BIOS) yang mengontrol start-up, atau proses boot.

Media penyimpanan data atau Storage Devices
Media disini bisa berupa harddisk, DVD Rom atau media penyimpanan lain.

Pemrosesan data/ CPU (Central Processing Unit)
CPU adalah otak dari komputer. Prosesor adalah bagian yang benar-benar padat tanpa ada bagian yang bisa dirubah. Prosesor biasanya dibuat pada satu piring tipis silikon doped dengan arsitektur sirkuit yang sangat kecil, sehingga jalur transmisinya pendek dan memilki kecepatan data tinggi. Prosesor akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storage untuk melaksanakan instruksi yang saling terkait. CPU mengatur semua fungsi dari sistem komputer yang terdiri dari tiga bagian, yakni:
  1. Control unit fungsinya mengkoordinasi semua fungsi komputer dengan menafsirkan dan melaksanakan instruksi yang dikirim kepadanya oleh perangkat input atau program.
  2. ALU (Arithmetic Logic Unit) adalah mesin komputasi yang membuat perhitungan, keputusan dan perbandingan logika.
  3. Cache Memory  adalah sebuah array dari sel memori yang dapat dengan mudah dan cepat diakses oleh ALU untuk menyimpan data sampai dibutuhkan oleh bagian lain dari perhitungan.
sumber:crews.org | gambar:toons4biz.com

Related Post



{ 0 komentar... THIS BLOG DOFOLLOW or add one}


Post a Comment

Popular Posts